Kohesi Kelompok

Dalam kehidupan sehari – hari, manusia selalu ada kecenderungan untuk berkumpul. Misalnya mahasiswa. Mahasiswa dapat memiliki sejumlah kelompok : organisasi mahasiswa, tim olahraga atau kelompok lainnya.

Di dalam kelompok yang terdiri dari sekumpulan individu akan tercermin semua atau sebagian ciri – ciri yaitu interaksi yang berulang – ulang, kesadaran sebagai anggota kelompok, peranan yang timbal balik, tujuan bersama kepuasan yang berasal dari hubungan antar anggota, struktur dan jaringan komunikasi antara anggota dan pemimpin, dan perubahan tingkah laku individu sebagai hasil dari anggota kelompok. Sekumpulan orang yang memiliki semua atau sebagian dari ciri tersebut adalah kelompok. Di dalam kelompok terjadilah Kohesi kelompok, yaitu perasaan bahwa orang bersama – sama dalam kelompok. Leon Festinger mendefinisikan kohesi kelompok sebagai kekuatan yang memelihara dan menjaga anggota dalam kelompok.

Seseorang masuk ke dalam kelompok karena berbagai alasan misalnya : karena masalah biaya, persaingan dalam hal permintaan barang dan juga waktu, perubahan di dalam ciri keanggotaan misalnya : usia, perubahan dalam aktivitas dan tujuan dalam kelompok.

sumber : Psikologi Sosial ( Drs. H. Abu Ahmadi )

Leave a comment